Kelebihan Dan Kekurangan Pil KB

Keluarga Berencana (KB) merupakan suatu program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk . Program keluarga berencana ini dapat menjadi jalan alternatif untuk mengukur jumlah dan jarak anak yang diinginkan ataupun menunda kehamilan . Cara-cara tersebut termasuk kontrasepsi atau pencegahan kehamilan dan perencanaan keluarga agar menjadi lebih sejahtera .

Kelebihan Dan Kekurangan Pil KB

Adapun beberapa jenis program KB , antara lain :
  1. Pil , yang mempunyai manfaat tidak mengganggu hubungan seksual dan mudah dihentikan setiap saat . Terhadap kesehatan resikonya sangat kecil .
  2. Suntikan (1 Bulan dan 3 Bulan) sangat efektif (0,1-0,4 kehamilan per 100 perempuan) selama tahun pertama penggunaan .
  3. Implan , yang merupakan alat kontrasepsi yang digunakan dilengan atas bawah kulit dan sering digunakan pada tangan kiri . Keuntungannya daya guna tinggi , tidak mengganggu produksi ASI dan pengembalian tingkat kesuburan yang cepat setelah pencabutan .
  4. AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim) merupakan alat kontrasepsi yang digunakan dalam rahim . Efek sampingnya sangat kecil dan mempuyai keuntungan efektivitas dengan proteksi jangka panjang 5 tahun dan kesuburan segera kembali setelah AKDR diangkat .
  5. Kondom , merupakan selubung/sarung karet yang dapat terbuat dari berbagai bahan diantaranya lateks (karet) , plastik (vinil) atau bahan alami (produksi hewani) yang dipasang pada penis saat berhubungan seksual .

Karena saya merupakan termasuk salah seorang pengguna pil kb , maka saya ingin berbagai informasi seputar beberapa Kelebihan Dan Kekurangan Pil KB saja . Pil Kb memang merupakan satu-satunya jalan yang saya pilih saat ini untuk menunda momongan dalam jangka pendek dikarenakan saya masih disibukan dengan beberapa pekerjaan . Namun untuk sekedar informasi sebelum anda ingin memilih Pil Kb sebagai program Kb anda ketahui terdulu beberapa kelebihan dan kekurangan nya seperti berikut ini :

Kelebihan Pil KB

Beberapa Pil KB memiliki kandungan progesteron sehingga memiliki anti-androgen (cyproterone acetate, drospirenone) . Kedua zat tidak hanya mencegah kehamilan , namun juga dapat mengurangi jerawat dan rambut halus di wajah cantik wanita . Adapun kelebihan PIL KB yang lain adalah :
  1. Penggunaan Pil KB mudah , karena  hanya dibutuhkan kepatuhan wanita untuk meminumnya .
  2. Kehamilan bisa segera terjadi setelah anda berhenti minum Pil KB tersebut .
  3. Kandungan hormonal Pil KB membuat lapisan endometrium mengalami penebalan dan peluruhan sesuai dengan siklus 28 hari sehingga dapat mengurangi beberapa keluhan haid .
  4. Menurunkan risiko kanker endometrium dan tumor ovarium . Sehingga menghindarkan dari resiko kanker serviks .
  5. Bisa digunakan sebagai kontrasepsi emergensi setelah hubungan suami istri yang tidak terlindung oleh alat kontrasepsi .
  6. Mencegah anemia akibat kekurangan zat besi pada darah .

Kekurangan Pil KB

Namun memang tidak semua Ibu dengan program KB cocok dengan penggunaan pil KB. Bahkan pada beberapa kasus sangat tidak disarankan penggunaan PIL KB. Kondisi tersebut adalah bagi Ibu yang  menderita penyumbatan pembuluh darah (trombosis), gangguan fungsi hati, migrain, penyakit darah tinggi, diabetes mellitus, perokok dan wanita dengan usia di atas 35 tahun. Adapun Kekurangan penggunaan Pil KB yang lain adalah :
  1. Terasa mual, biasanya dirasakan selama 3 bulan pertama,
  2. Terjadi pendarahan di antara masa haid terutama bila lupa atau terlambat minum Pil KB tersebut,
  3. Mengalami sakit kepala ringan,
  4. Terjadi nyeri payudara,
  5. Beberapa wanita yang mengkonsumsi Pil KB dosis rendah, mengeluh nyeri saat berhubungan badan,
  6. Anda harus mempunyai stok lebih sebagai persediaan.

Posted in by at Senin, 03 Februari 2014.

Leave a Reply